4 Isi Fund Fact Sheet Ini Wajib Dicermati Sebelum Kamu Investasi Reksa Dana

Investasi Reksa Dana
Investasi Reksa Dana (EduFulus/Ist)

The Path To Financial Freedom – EduFulus.com –Ketika hendak berinvestasi pada reksa dana, investor pemula wajib membaca yang namanya fund fact sheet. Membaca dan memahami fund fact sheet adalah sebuah keharusan.

Sebagai investor yang cerdas tentu tidak ingin membeli kucing dalam karung, bukan. Dengan membaca fund fact sheet maka akan diketahui jeroan dari reksa dananya.

Fund fact sheet ini pada dasarnya berisi laporan produk reksa dana yang diterbitkan oleh Manajer Investasi (MI) dengan mencakup kinerja produk reksa dana, informasi jumlah dana kelolaan dan informasi portofolio.

SIMAK JUGA: Pemula Wajib Tahu 8 Tip Memilih Reksa Dana Ini Biar Kagak Boncos

Fund fact sheet ini biasanya sudah dibuat seringkas mungkin yakni hanya 1 halaman saja. Isi Fund fact Sheet adalah ringkasan reksa dana yang hanya dikeluarkan satu kali dalam sebulan untuk periode bulan sebelumnya.

Lantas komponen apa saja yang sebaiknya diketahui, dicermati, diamati dan diteliti investor pemula agar bisa mendapatkan reksa dana yang terbaik?

Cermati Nilai Aktiva Bersih dan Unit Penyertaan

Nilai aktiva bersih merupakan nilai yang menggambarkan total kekayaan bersih setiap harinya, sedangkan unit penyertaan adalah nilai satuan reksa dana dalam hitungan per unit. Nilai ini perlu diketahui agar investor bisa mendapatkan reksa dana yang terbaik.

Lihat Kinerja Reksa Dana

Kinerja reksa dana dapat diulik dari hasil investasi. Hasil investasi memperlihatkan hasil secara historis yang biasanya dibagi berdasarkan periode 1 bulan, 3 bulan dan 6 bulan sejak awal tahun dan sejak terbit. Rekam jejak hasil pengelolaan produk ini penting untuk melihat potensi ke depannya.

Amati Informasi Pembanding

Informasi pembanding (benchmark) ini menjadi indikator performance sebuah produk dibandingkan dengan indeks tertentu yang sejenis. Pembanding ini sangat penting untuk melihat perbandingan produk dengan indeks tertentu.

Teliti Alokasi Investasi dan Alokasi Portofolio

Alokasi investasi merupakan informasi mengenai struktur persentase dana kelolaan yang telah dialokasikan oleh manajer investasi dalam bentuk portofolio efek tertentu, sedangkan alokasi portofolio merujuk pada daftar efek yang menjadi penempatan reksa dana. Alokasi investasi dan portofolio bermanfaat untuk menilai kinerja manajer investasi.

SIMAK JUGA: Newbie Wajib Tahu Strategi DCA dalam Investasi Reksa Dana




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*