Inilah 10 Saham dengan Cuan Tertinggi di Semester 1/2021 Berdasarkan Data RTI


The Path To Financial Freedom, EduFulus.com –Sejumlah saham melambung tinggi hingga ratusan persen selama semester 1/2021 berdasarkan data RTI. Diketahui, RTI merupakan aplikasi yang menyediakan data terbaru dari Bursa Efek Indonesia secara real time.

Meski didera pandemi Covid-19, sentimen digitalisasi telah membawa saham-saham tersebut terbang karena diburu investor yang sedang hype dengan segala sesuatu yang berbau digital.

SIMAK JUGA: 5 Rasio Keuangan Ini Wajib Diterapkan Investor Saat Memilih Saham Terbaik

Apa saja 10 saham yang paling melesat pada semester 1/2021 berdasarkan data RTI? Berikut ini daftar lengkap saham-saham dengan kode resminya yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI):

1). MLPL (PT Multipolar Tbk) naik 844,44% menjadi Rp 680

Saham MLPL terus meroket karena aksi korporasi, yakni masuknya Gojek lewat PT Aplikasi Karya Anak Bangsa membeli 4,76% saham MPPA yang adalah anak perusahaan MLPL.

2). MARI (PT Mahaka Radio Integra Tbk) naik 469.81% menjadi Rp 302

Saham MARI juga meroket karena pasar merespons positif investasi yang dilakukan sejumlah perusahaan modal ventura terhadap PT Mahaka Digital Inovasi.

3). BABP (PT Bank MNC International) naik 464% menjadi Rp 282.

Saham BABP menjadi hype setelah diluncurkannya Motion Bank, aplikasi digital untuk mempermudah transaksi, dan rencana right issue bank tersebut.

4). ARTO (PT Bank Jago Tbk) naik 275,99% menjadi Rp 13.225

Saham ARTO terus menanjak sejak Gopay masuk ke bank tersebut dan menjadi pemilik 22,16% saham ARTO. Mergernya Gojek dan Tokopedia menjadi GoTo yang kabarnya segera listing di bursa menjadi katalis pergerakan ARTO. Jika dihitung dalam satu tahun ARTO telah naik 923,38%, dan dalam tiga tahun telah naik 1.952,49%.

5). ABBA (PT Mahaka Media Tbk) naik 203,80% menjadi Rp 240

Saham induk Jak TV dan Mahaka Radio Integra ini harganya terus naik sejak Erick Tohir menjadi Menteri BUMN, bahkan sejak ia ditunjuk sebagai tim sukses pemenangan Jokowi-Ma’ruf setelah sukses menjadi Ketua INASGOC, komite yang menyelenggarakan pesta olahraga terbesar kedua di dunia Asian Games 2018.

6). SAME (PT Sarana Mediatama MetropolitanTbk naik 123.21% menjadi Rp 625.

Emiten rumah sakit yang telah dikuasai PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) ini harganya naik terkait aksi korporasi penerbitan rights issue guna mengakuisisi PT Elang Medika Corpora (EMC).

7). TBIG (PT Tower Bersama Infrastructure Tbk) naik 111,45% menjadi Rp 3.140.

Emiten menara telekomunikasi Grup Saratoga ini harganya terus naik sejak resmi merampungkan transaksi jual beli dan pengalihan 3.000 menara senilai Rp 3,97 triliun. Harga TBIG juga mendapat katalis dari sentimen 5G.

8). BFIN (PT BFI Finance Indonesia Tbk) naik 109,95% menjadi Rp 865.

Meroketnya saham BFIN karena PT Bank Jago Tbk (ARTO) dikabarkan akan mengakuisisi perusahaan multifinance. PT BFI Finance Tbk (BFIN), milik Northstar, secara tidak langsung merupakan perusahaan terafiliasi dengan ARTO.

9). AGRO (PT BRI Agroniaga Tbk) naik 94,82% menjadi Rp 1880

Saham AGRO belakang ini terus dikoleksi asing karena persiapannya untuk menjadi salah satu bank digital terbesar di Indonesia. Anak perusahaan BRI ini telah mempunyai base customers yang cukup solid.

10). PNBS (PT Bank Panin Dubai Syariah) naik 82,93% menjadi Rp 150.

PNBS harganya naik juga karena sentimen akan menjadi bank digital. PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk. (PNBS) telah menandatangani MoU dengan penyedia platform digital yang memiliki visi dan misi yang sama dengan perseroan dan dikabarkan bank digital telah masukdalam renca kerja emiten tersebut untuk tahun 2021.

Kendati saham-saham ini mencatatkan kenaikan yang sangat signifikan pada semester 1/2021, tentu bukan jaminan saham-saham ini akan terus naik. Oleh sebab itu, para investor tetap harus cerdas dengan melakukan analisis secara komprehensif secara fundamental maupun teknikal sebelum mentransaksikannya.

SIMAK JUGA: Inilah 5 Besar Top Gainers Kompas100 Semester I/2021




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*