Inilah Empat Indeks Saham Syariah: ISSI, JII 70, JII dan IDX-MES BUMN 17

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Investasi saham syariah jadi pilihan ideal umat Islam karena mendatangkah berkah tersendiri. Secara istimewa, saham-saham yang ditransaksikan sudah dikategorikan sebagai saham-saham yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai dalam Islam. Hidup pun makin selaras dengan nilai-nilai agama yang diimani.

Secara khusus saham-saham ini pun telah diklasifikasikan dalam Daftar Efek Syariah (DES) yang diterbitkan oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). DSN-MUI adalah lembaga di bawah MUI yang khusus mengeluarkan fatwa yang berhubungan dengan ekonomi Islam.

Saham-saham yang masuk DES ini termasuk saham-saham pilihan karena ada kriteria khususnya. Saham-saham di DES ini adalah saham dari perusahaan yang secara publik menyatakan sebagai emiten atau perusahaan yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Dalam anggaran dasarnya pun mereka ini dengan tegas menyatakan kalau kegiataan emiten yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, yakn tidak terkait perjudian atau permainan yang tergolong judi, perdagangan yang tidak disertai penyerahan barang atau jasa, perdagangan palsu, bank berbasis bunga, pembiayaan berbasis bunga, jual-beli berbasis gharar dan maisir kayak asuransi konvensional, barang atau jasa yang haram zatnya dan melakukan transaksi berunsur suap (risywah).

SIMAK JUGA: Inilah Isi Lengkap Fatwa DSN-MUI No.80, Bukti Investasi Saham Itu Syariah

Selanjutnya rasio total utang berbasis bunga dibandingkan dengan total ekuitas tidak lebih dari 82% dan rasio total pendapatan bunga (tidak halal) tidak lebih dari 10% serta rasio total pendapatan bunga dan pendapatan tak halal dibandikan dengan pendapatan usaha dan total pendapatan tidak lebih dari 10%.

Nah, setelah tahu keberkahan berinvestasi saham syariah, investor bisa mengacu pada saham-saham Syariah di indeks syariah yang diterbitkan BEI dan digunakan untuk referensi dalam investasi sahamnya.

Karena tidak bisa berinvestasi pada core indeks kayak IDX80, LQ45 atau IDX30, investor syariah tidak perlu cemas karena dalam investasi saham syariah diterbitkan juha indeks khusus syariah mulai dari ISSI, JII70, JII dan IDX-MES BUMN 17.

ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia)

ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia) adalah seluruh saham syariah yang tercatat di BEI dan masuk ke dalam Daftar Efek Syariah (DES) yang diterbitkan oleh OJK. Dengan demikian BEI tidak melakukan seleksi saham syariah yang masuk ke dalam ISSI.

JII70 (Jakarta Islamic Index 70)

JII70 (Jakarta Islamic Index 70) adalah indek saham syariah yang terdiri atas 70 saham syariah dengan kinerja keuangan dan likuiditas bagus yang menyerupai IDX80. Ditentukan oleh BEI dengan ketentuan masuk ISSI dalam 6 bulan terakhir, dan 70 saham dengan rata-rata nilai transaksi harian tertinggi ini dipilih dari 150 saham dengan kapitalisasi tertinggi dalam setahun terakhir.

JII (Jakarta Islamic Index)

JII (Jakarta Islamic Index) adalah indek saham syariah yang terdiri atas 30 saham syariah dengan kinerja keuangan dan likuidutas bagus yang menyerupai IDX30. Saham-saham ini diterbitkan oleh BEI dengan sejumlah ketentukan mulai dari sudah masuk di ISSI selama 6 bulan terakhir, dipilih dari 60 saham berdasarkan kapitalisasi tertinggi selama setahun terakhir dan dari 60 saham ini dikerucutkan menjadi 30 saham berdasarkan rata-rata nilai transaksi harian tertinggi.

IDX-MES BUMN 17

IDX-MES BUMN 17 adalah indeks saham syariah yang terdiri atas 17 saham syariah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan afiliasinya yang memiliki likuiditas baik dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik. 17 saham syariah ini dipilih berdasarkan ketentuan masuk dalam ISSI milik BUMN atau afiliasinya dan dipilih berdasarkan likuistas dan fundamental yang terbaik.

SIMAK JUGA: 3 Hal Penting dalam Saham Syariah Ini Wajib Kalian Tahu

Nah, untuk menikmati saham-saham syariah ini maka investor tinggal memilih sekuritas dengan (Shariah Online Trading System) terbaik. Bertransaksi saham-saham syariah dengan SOTS terpercaya akan membuat hati nyaman karena sudah tersertifikasi DSN-MUI sehingga saham-saham yang ditransaksikan sudah hanya saham-saham yang sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip dalam Islam.

SIMAK JUGA: 4 Risiko Ini Wajib Dipahami Sebelum Kamu Terjun ke Investasi Saham Syariah




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*