Tip Mengatur Cash Flow Keuangan dari Sosok Ibu

Investor Perempuan
Investor Perempuan (EduFulus/Ist)

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com –Banyak dari kita menjadikan sosok ibu sebagai panutan yang ideal dalam banyak hal, tak terkecuali dalam hal pengelolaan duit. Ibu adalah sosok smart, teliti dan bijak dalam mengelola duit.

Karena itulah, banyak ibu di dunia ini memiliki kemampuan mumpuni dalam mengelola uang. Mereka ini ibarat direktur keuangan di sebuah perusahaan.

Para ibu yang bijak biasanya memiliki pengelolaan keuangan yang benar karena meyakini kalau hal ini akan mendatangkan keharmonisan dan kebahagiaan dalam keluarga. Bukan rahasia lagi, isu finansial kerap menyebabkan banyak konflik dalam rumah tangga.

SIMAK JUGA: Reksa Dana untuk Kemerdekaan Finansial Perempuan Indonesia

Keharmonisan tercipta karena ibu pada umumnya memiliki kepekaaan yang tinggi terhadap pemasukan dan pengeluaran keuangan yang berada di bawah pengawasannya.

Nah, di era serba otomasi sekarang ini, siapa pun dituntut untuk lebih cerdas mengelola segala sumber daya yang dimilikinya termasuk keuangan. Karena itulah, belajar resep mengelola duit dari sosok ibu itu sangat penting.

Ibu yang smart dalam pengelolaan keuangan biasanya mengatur cash flow dengan tepat sesuai dengan pos-pos pengeluaran yang dirancang sehingga alokasi apa pun sudah terencana dan tidak tercampur dengan pengeluaran yang lain. Alokasi dana pun lebih tepat sesuai kebutuhan (needs) dan bukan keinginan (wants).

Selain itu, ibu yang smart biasanya berusaha bebas utang dengan cepat. Makanya, mereka ini kalau berutang punya komitmen dan disiplin dalam pembayaran cicilan. Di sisi lain, ibu yang smart siap sedia juga menghadapi hal-hal yang tak terduga dengan dana darurat.

SIMAK JUGA: Inilah Kisaran Return Tahunan Reksa Dana yang Perlu Kamu Tahu

Seorang ibu yang smart biasanya juga berpikir jauh ke depan sehingga kadang terkesan irit. Padahal, di balik kesan iritnya itu ia sebenarnya sedang menyiapkan masa depan yang cerah untuk putra-putri tercintanya, yakni dengan investasi.

Ibu yang bijak tidak mengabaikan yang namanya investasi. Minimal 10% dari pendapatan bulanan keluarga diinvestasikan, entah deposito, emas, bisnis, properti maupun reksa dana.

Pengelolaan yang demikian ini tentu layak diteladani. Toh, investasi apa pun saat ini sudah lebih mudah dan transparan serta terjangkau. Pun dalam investasi reksa dana, siapa pun kini sudah bisa menikmatinya secara online. Reksa dana banyak diperjualbelikan secara online.

SIMAK JUGA: Tip dan Jenis Investasi yang Paling Cocok Buat Wanita Karier dan Ibu Rumah Tangga yang Super Sibuk




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*