3 Langkah Ini Wajib Dijalankan Trader Saat Menghadapi Saham yang Sedang Downtrend

Harga-harga saham saat trading halt karena covid-19 (Corona) 2020
Harga-harga saham saat trading halt karena covid-19 (Corona) 2020 (EduFulus/GWK)

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Salah satu aspek yang wajib diperhatikan para trader saham yang berburu cuan adalah kondisi pasar. Kondisi market menjadi pertimbangan khusus karena kondisi inilah yang menjadi salah satu penentu penggerak harga-harga saham.

Trader wajib menyesuaikan strateginya dengan kondisi market agar seirama, apalagi market itu sangat dinamis. Oleh sebab itu, stretaginya pun berbeda manakala pasar sedang bullish, bearish atau pun sideways.

SIMAK JUGA: Tip Cerdas Memilih dan Membeli Saham-Saham IPO yang Berpotensi ARA

Nah, khusus pada saat pasar sedang bearish (downtrend), trader wajib memasang mata dengan seksama. Diketahui, downtrend adalah kondisi dimana saham cenderung turun terus-menerus. Downtrend ini ditandai dengan grafik saham yang menunjukkan sederet puncak dan lembah yang terus menurun.

Nah, biar kagak kalang kabut, berikut ini 3 tip yang wajib dijalankan saat saham yang dimiliki sedang downtrend supaya bisa melakukan trading dengan tepat:

1). Langsung Analisis Fundamental dan Teknikal

Senjata paling dasar saat menghadapi saham yang sedang downtrend yakni langsung melakukan analisis fundamental dan teknikal. Seperti diketahui, di satu sisi saat saham sedang turun, ini adalah kesempatan emas untuk mengoleksinya atau melakukan aksi buy. Kendati demikian, keputusan mengoleksi ini tentu tidak berlaku untuk semua saham yang sedang turun. Oleh sebab itu, analisis fundamental dan teknikal penting dilakukan untuk melihat saham yang sedang turun. Hal ini sangat penting untuk melihat potensi balik arah dari saham ini di masa depan. Analisis fundamental terkait erat dengan lapaoran keuangan emiten, sedangkan analisis teknikal menyangkut support dan resistance saham yang memungkinan trader melakukan aksi buy dengan tepat.

2). Lakukan Cut Loss

Pada saat saham sedang downtrend, penting bahwa trader selalu menjaga disiplin dalam melakukan cut loss. Jika tidak disiplin maka kerugiannya justru akan semakin dalam. So, kendati menyakitkan, cut loss atau stop loss itu wajin dilakukan, teristimewa saat sahamnya memang benar-benar downtrend.

3). Lakukan Average Down

Namun jika belum sempat melakukan cut loss karena melihat potensi balik arahnya setelah melakukan analisis fundamental dan teknikalnya maka alternatif yang bisa dilakukan yakni melakukan average down. Average down adalah pembelian secara bertahap ketika saham yang dimiliki mengalami penurunan. Jika keputusan ini yang diambil maka trader tinggal menunggu dan berharap market kembali naik. So, butuh yang namanya kesabaran.

SIMAK JUGA: Kelemahan dan Kekurangan Aplikasi SimInvest Garapan Sinarmas Sekuritas




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*