4 Tip Tingkatkan Kepercayaan Diri dalam Investasi Saham bagi Perempuan

Investor Perempuan
Investor Perempuan (EduFulus/Ist)

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Ada beberapa cara agar perempuan makin pede dalam investasi saham. Seperti diketahui, menurut sejumlah penelitian, perempuan tidak percaya diri (pede) dalam berinvenstasi dibandingkan kaum pria.

Tingkat kepedean perlu ditingkatkan mengingat dalam berinvestasi perempuan tidak menyukai tantangan dan tidak suka dengan investasi jangka pendek untuk menaklukkan pasar.

Mereka cenderung memilih investasi jangka pendek yang terdiversifikasi (Fidelity Study: 2013). Namun, seiring dengan berjalannya waktu, stigma itu tentunya tak selayaknya melabeli kaum perempuan.

SIMAK JUGA:  Kelemahan dan Kekurangan Aplikasi Bibit Besutan PT Bibit Tumbuh Bersama

Berikut ini sejumlah cara keluar dari kungkungan stigma bagi para perempuan agar makin pede dalam investasi saham:

1). Sukses itu di Masa Depan

Ciri orang yang percaya diri itu salah satunya mampu berpikir untuk masa depan yang sukses. Nah, cara menyiapkan kesuksesan masa depan yaitu mengelola keuangan dengan bijaksana, salah satunya menyiapkan keuangan untuk masa depan. Oleh sebab itu, perempuan wajib konsisten menanamkan keyakinan dalam diri bahwa sukses itu perlu segera diwujudkan mulai saat ini juga dan bukan nanti-nanti. Menunda investasi sama saja dengan menjauhkan diri dengan kesuksesan.

2). Terus Belajar

Investasi yang mendatangkan cuan tinggi itu salah satunya karena kelihaian dalam memilih saham yang berpotensi mendatangkan cuan tinggi. Keputusan dalam memilih butuh ilmu. Karena itu, teknik-teknik memilih saham yang terbaik sebaiknya terus dipelajari. Analisis fundamental dan teknikal saham bisa dipelajari dengan cuma-cuma, seperti yang diajarkan dan ditawarkan secara gratis sejumlah sekuritas.

SIMAK JUGA: Waran: Produk Pemanis di Pasar Modal

3). Terima Kekurangan dan Maksimalkan Kekuatan

Meski dicap sebagai kelompok yang tidak percaya diri, perempuan pada dasarnya cenderung lebih realistis dalam investasi dibandingkan kaum pria yang lebih praktis dan kadang grusah-grusuh alias sembrono. Di balik kelemahannya, toh tetap saja ada kelebihan atau kekuatan yang bisa dimaksimalkan. Apalagi, mereka ini biasanya lebih sabar sehingga bisa membuat pertimbangan matang dan tajam.

4). Belajar dari Investor Perempuan Lainnya

Belajar dan menimba ilmu serta pengalaman dari sesama investor perempuan adalah langkah yang paling bijak. Belajar dari kesuksesan investor perempuan lainnya menjadi cara memotivasi diri.

SIMAK JUGA: Mengenal 10 Jenis Reksa Dana Syariah




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*