Tip dan Jenis Investasi yang Paling Cocok Buat Wanita Karier dan Ibu Rumah Tangga yang Super Sibuk

Ilustrasi investasi buat ibu rumah tangga dan wanita karier
Ilustrasi investasi buat ibu rumah tangga dan wanita karier (EduFulus/Ist)

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Apa yang terlintas di benak pikiran saat mendengar kata wanita karier? Yup, wanita karier identik dengan wanita yang super sibuk dan hanya memiliki sedikit waktu karena menekuni bidang profesinya.

Pun dengan yang namanya ibu rumah tangga. Status ibu rumah tangga sebenarnya jangan lantas diidentikkan dengan wanita yang punya banyak waktu luang. Pekerjaan ibu rumah tangga tidak sedikit, mulai dari mengurus rumah hingga anak-anak.

Kalau mau jujur, pekerjaan ibu rumah tangga sejatinya tak seringan yang dibayangkan, kendati soal potensi waktu luangnya lebih memungkinkan bagi kebanyakan ibu rumah tangga dibanding wanita karier.

SIMAK JUGA: 5 Kebiasaan Buruk Milenial yang Mengancam Masa Depan Keuangan Mereka

Nah, dihadapkan pada peluang investasi, baik wanita karier maupun ibu rumah tangga sebenarnya memiliki peluang yang sama.

Asal memiliki cashflow yang sehat, investasi bukanlah hal yang mustahil bagi keduanya, apalagi saat ini investasi sudah cukup mudah dilakukan.

Lantas seperti apa langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai dan memilih instrumen investasinya? Berikut ini 5 tip bagi wanita karier dan ibu rumah tangga yang ingin memulai investasi:

1). Menggunakan Idle Money

Penting banget bagi siapa pun, tak terkecuali wanita karier dan ibu rumah tangga, untuk menggunakan idle money atau uang dingin dalam investasi ini. Idle money atau sebutan lainnya uang dingin atau dana menganggur adalah uang yang benar-benar nganggur dan tidak ada peruntukkannya sama sekali, misalnya untuk belanja bulanan, bayar utang, bayar listrik, bayar air, cicilan rumah dan lain sebagainya.

Uang nganggur ini memang uang yang memang akan dialokasikan untuk investasi. Idle money untuk investasi ini penting supaya cashflow tetap sehat, bukan pula dari meminjam orang lain. Idle money wanita karier tentu saja uang yang memang dialokasikan khusus untuk investasi dari gaji bulanan, sementara itu idle money ibu rumah tangga bisa didapatkan dari sisa uang belanja bulanan atau sisa pengeluaran lainnya, mengingat investasi saat ini juga sudah sangat terjangkau dan tak perlu modal berjuta-juta.

2). Menentukan Tujuan Keuangan

Setelah yakin dengan idle money yang dimiliki, langkah selanjutnya yakni menentukan tujuan keuangan. Diusahakan tujuan keuangan ini dibuat lebih konkret, spesifik dan terukur, misalnya untuk beli mobil, biaya pendidikan anak, beli sepeda motor, beli smartphone premium, persiapan nikah, beli rumah, liburan ke luar negeri atau pensiun. Tujuan keuangan yang konkret akan memudahkan dalam pencapaiannya.

3). Memilih Instrumen Investasi Reksa Dana

Setelah memiliki tujuan keuangan yang konkret, saatnya untuk memilih instrumen investasi yang sesuai dengan jangka waktu pencapaiannya. Ada beberapa instrumen investasi di pasar modal yang bisa dipilih wanita karier dan ibu rumah tangga, seperti reksa dana dan saham. Mengingat wanita karier ini boleh dikata tidak memiliki banyak waktu maka instrumen investasi yang cocok dan bisa dipilih yakni reksa dana.

SIMAK JUGA: Kelemahan dan Kekurangan Aplikasi MOST Besutan Mandiri Sekuritas

Investasi reksa dana mudah dilakukan karena investor tinggal duduk manis. Manajer investasi akan mengelola uang yang diinvestasikan. Tentunya, reksa dana ini juga cocok bagi para ibu rumah tangga yang merasa sibuk dengan pekerjaan mengurus rumah dan anak-anak. Reksa dana yang cocok buat pemula ini tentu bisa jadi pilihan bagi wanita karier dan ibu rumah tangga yang belum pede masuk ke saham.

4). Memilih Instrumen Investasi Saham

Sementara itu bagi wanita karir dan ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang dan pede dalam investasi, tentu bisa memilih investasi saham yang saat ini sudah serba online dan mudah dilakukan. Selanjutnya dalam memilih saham penting untuk memilih saham yang dikenal (produk/jasanya dipakai), saham yang terkenal (bluechip) dan saham yang rajin memberi dividen.

Pilihan saham yang dikenal dan terkenal bisa mengacu pada Indeks IDX30, sementara itu untuk saham-saham yang rajin memberikan dividen bisa dipantau di Indeks IDX HiDiv20. Bagi wanita karir dan ibu rumah tangga yang sudah pede dalam investasi saham tapi sibuk, tentu tetap masih bisa investasi saham dengan memanfaatkan fitur auto investment.

5). Disiplin Investasi

Keberhasilan dalam investasi reksa dana dan saham sangat ditentukan oleh kedisiplinan investor. Oleh sebab itu, rajin investasi setiap bulan sehabis gajian, dapat penghasilan atau dapat uang dari suami, misalnya untuk buat beli saham minimal 1 lot (nabung saham untuk jangka panjang), perlu dilakukan. Dikit-dikit asal disiplin dan rajin maka lama-lama akan menjadi bukit atau dikenal dengan istilah Dollar Cost Averaging (DCA) atau istilah awamnya nyicil.

SIMAK JUGA: Jasa Penulisan Artikel Pasar Modal Terpercaya




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*