5 Langkah Mudah Cek Bukti Transaksi dan Laporan Bulanan Reksa Dana Secara Online di AKSes KSEI

digitalisasi bukti transaksi dan laporan bulanan reksa dana secara online di AKSes KSEI
Ilustrasi digitalisasi bukti transaksi dan laporan bulanan reksa dana secara online di AKSes KSEI (EduFulus/Ist)

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Investasi reksa dana kini sudah serba digital, tak terkecuali untuk urusan bukti transaksi dan laporan bulanannya yang kini sudah serba online melalui AKSes KSEI.

Dengan digitalisasi bukti transaksi dan lapooran bulanan reksa dana, termasuk di dalamnya mutasi reksa dana maka investor reksa dana bisa dengan mudah dan cepat mengecek portofilio reksa dananya.

Digitalisasi bukti transaksi dan laporan bulanan reksa dana ini tentu memudahkan investor yang ingin mendapatkan informasi tercepatnya karena tidak perlu menunggu lama sebagaimana ini terjadi sebelum kebijakan terbaru ini.

Dasar kebijakan digitalisasi terbaru ini adalah SE OJK No 1/SEOJK.4/2020 tentang Tata Cara Penyampaian Surat atau Bukti Konfirmasi dan Laporan Berkala Reksa Dana Secara Elektronik Melalui Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu (S-Invest).

SIMAK JUGA: Apa itu Obligasi (Surat Utang) dan Bagaimana Cara Belinya?

SE dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini menetapkan bahwa Bukti Konfirmasi Transaksi dan Laporan Bulanan Reksa Dana yang biasanya dikirimkan secara berkala oleh Bank Kustodian kini telah diupdate secara elektronik melalui situs resmi KSEI di Akses.ksei.co.id.

Dengan surat edaran ini maka terhitung sejak 17 Februari 2021 Bank Kustodian tidak mengirimkan bukti konfirmasi transaksi dan laporan bulanan reksa dana melalui email atau surat fisik (hardcopy) kepada para investor reksa dana karena semua sudah terpadu secara online melalui AKSes KSEI.

Tantu kebanyakan investor reksa dana masih ingat kalau selama ini sering mendapatkan “surat cinta” setiap bulan terkait investasi reksa dana yang dinikmati. Tak mengherankan, tumpukan “surat cinta” itu kadang sampai menumpuk tanpa sempat membacanya, apalagi membukanya, kendati untuk investor tertentu memang masih ada yang rajin memantaunya.

Dengan kebijakan terbaru ini tentu akan memudahkan investor reksa dana untuk mengecek semua transaksi dan laporan bulanan reksa dana secara online di mana pun dan kapan pun dengan mudah dengan gadget yang dimiliki. Apalagi, caranya pun tergolong sangat mudah.

SIMAK JUGA: Waran: Produk Pemanis di Pasar Modal

Menariknya, kendati kebijakan ini telah berlaku, tetapi jika ada investor yang tetap menginginkan laporan dalam bentuk cetakan (hardcopy) atau dalam arti masih nyaman dengan kiriman laporan dalam bentuk cetakan “surat cinta” yang dikirim ke rumah maka wajib menghubungi langsung pihak Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) atau Manajer Investasi (MI) tempat membeli reksa dananya.

Terkait dengan permintaan laporan transaksi dan laporan bulanan reksa dana dalam bentuk cetakan (hardcopy) yang diinginkan ini maka akan dikenakan biaya. Ada pun besaran biaya yang harus ditanggung investor bisa ditanyakan langsung ke masing Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) atau Manajer Investasi (MI) tempat membeli reksa dananya.

Nah, daripada harus keluarin duit lagi untuk biaya hardcopy ini, sudah saatnya beralih secara digital karena toh sudah sangat mudah untuk mengaksesnya.

Berikut ini 5 langkah mudah dan cepat bukti transaksi dan laporan bulanan reksa dana secara online di AKSes KSEI:

1). Registrasi pada Website AKSes (Bila belum punya akun di KSEI)

  • Pastikan e-mail pribadi telah terdaftar pada saat pembuatan SID
  • Buka alamat situs web AKSes di https://akses.ksei.co.id
  • Klik tombol “Daftar” yang terletak pada kanan atas layar
  • Pilih tipe registrasi “Individu Lokal”
  • Isi data pribadi Anda pada kolom yang tersedia
  • Klik tombol “Selanjutnya” serta “Aktivasi”
  • Masuk ke email pribadi untuk melakukan konfirmasi
  • Anda akan diarahkan kembali ke website AKSes dan klik tombol “Aktifkan Akun Saya”
  • Selamat. Akun Anda sudah berhasil dibuat!

2). Login pada situs web AKSes di https://akses.ksei.co.id

3). Pilih menu “Portofolioku” lalu “Laporan”

4). Pilih “Laporan Bulanan” atau “Laporan Mutasi Reksa Dana”

5). Klik “Download” lalu laporan akan terunduh otomatis. Notifikasi “Download” juga terdapat pada “Kotak Masuk” Anda di web AKSes.

SIMAK JUGA: 4 Keuntungan Investasi Sejak Usia Dini Mulai Saat Ini Juga




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*