Yuk, Kenali Bencana Keuangan di Masa Depan Ini

BENCANA KEUANGAN: Miskin di Hari Tua
BENCANA KEUANGAN: Miskin di Hari Tua (EduFulus/Ist)

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Kehidupan di masa depan penuh misteri. Namun satu hal yang pasti, berbagai kebutuhan untuk hidup di masa depan tidak bisa terelakkan. Mau seperti apa kita menikmati hidup di masa depan dengan segudang kebutuhannya? Itu semua pilihan.

Kehidupan yang tidak disiapkan sejak hari ini justru bisa menjadi bencana. Kebutuhan di masa depan itu tidak bisa dihindari seiring dengan tingkat inflasi yang membuat nilai uang atau kekayaan hari ini akan semakin merosot nilainya.

Kehidupan di masa depan hadir dengan serentetan peristiwa yang beriringan dengan berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Peristiwa-peristiwa penting itu sekolah, kuliah, menikah, memiliki keluarga, menyekolahkan anak hingga pensiun.

ULIK LAINNYA:

Ada pula cita-cita dan keinginan konkret yang ingin diwujudkan mulai liburan ke luar negeri, beli mobil hingga punya rumah baru. Semua kebutuhan dan cita-cita itu kalau tidak disiapkan dengan perencanaan yang baik hanya akan menjadi bencana.

Mari kita sisir kebutuhan-kebutuhan dan cita-cita di masa depan yang perlu dipikirkan:

  1. Kendaraan
    Transportasi massal yang belum nyaman dan aman membuat kebutuhan akan mobil pribadi masuk prioritas yang ingin dipenuhi.
  2. Tempat Tinggal
    Rumah impian untuk tempat tinggal termasuk prioritas yang selayaknya diwujudkan dan untuk mewujudkannya ini dibutuhkan dana yang tidak sedikit sehingga perlu disiapkan sejak hari ini.
  3. Kesehatan
    Semua orang ingin sehat terus, namun siapa pun tidak bisa menolak yang namanya sakit. Biaya kesehatan dari waktu ke waktu terus naik.
  4. Menikah
    Bagi yang masing lajang tentu perlu menyiapkan dana untuk tahap hidup yang dinamakan pernikahan. Apalagi, jika berniat untuk membiayai sendiri acara pernikahan dan bulan madunya. Semua perlu disiapkan jauh-jauh hari.
  5. Memiliki Buah Hati
    Jika ingin memiliki buah hati maka harus bersiap juha membayar biaya hidupnya. Apalagi, pengeluaran terbesar dalam hidup berkeluarga adalan biaya hidup anak. Mulai dari pendidikan SD hingga kuliah. Belum lagi kalau buah hatinya lebih dari satu. Belum lagi jika akan menikahkan anak. Buah hati membutuhkan banyak biaya.
  6. Uang Pensiun
    Kalau yang ini jelas termasuk kebutuhan yang perlu disiapkan sejak hari ini. Masa pensiun yang nyaman bergantung dari bagaimana menyiapkannya sedini mungkin.

Itulah sederet contoh konkret kebutuhan dan cita-cita di masa depan yang perlu disikapi dengan bijaksana, teristimewa dari sisi pendanaannya. Pasalnya, kalau hal ini tidak diwujudkan tentu berpotensi mendatangkan “bencana”. Alhasil, tak satu pun kebutuhan dan cita-cita terpenuhi.

Nah, biar tidak menjadi bencana, ada baiknya keuangan di masa depan direncanakan sejak saat ini juga. Salah satu cara menyiapkan kehidupan masa depan yang nyaman dan bahagia, yakni dengan menyiapkan dana dengan diinvestasikan di instrumen investasi mulai dari reksa dana hingga saham yang tepat sesuai dengan jangka waktu pencapaian tujuan. (GWK)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*