Belajar Mengelola Gaji di 5 Pos Utama Ala Superman Asia Li Ka-Shing

Superman Asia Li Ka-Shing
Superman Asia Li Ka-Shing (Foto: Bloomberg/Anthony Kwan)

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Satu dari seribu jurus untuk menjadi kaya yaitu meneladani dan menghidupi wejangan tokoh dunia yang telah terbukti sukses dalam hidupnya. Makanya, tak ada salahnya jika kita meneladani tokoh yang dijuluki Superman dari Asia ini.

Li Ka-Shing, pengusaha kelahiran Chaozhou, 29 Juli 1928, memang tidak pelit ilmu. Ia ingin agar siapa pun yang tidak punya kesempatan mengeyam pendidikan yang tinggi seperti dirinya, bisa kaya dan sukses.

Wejangan-wejangannya benar-benar membumi karena lahir dari pengalaman konkret hidupnya. Tak mengherankan, salah satu wejangannya yang gampang dipahami yaitu soal pengelolaan gaji atau penghasilan yang biasa kita terima setiap bulannya.

SIMAK JUGA: Apa itu Obligasi (Surat Utang) dan Bagaimana Cara Belinya?

Ia menegaskan apapun yang terjadi dan tidak peduli berapa pun besar penghasilan yang kita terima setiap bulannya, kita harus membaginya ke dalam 5 pos utama. Dengan begitu kita bisa mengatur pengeluaran dengan baik. Berikut ini kelima pos tersebut:

  1. Biaya Hidup
    Kita perlu makan, tetapi jangan sampai pilihan dan cara makan kita menguras gaji atau penghasilan bulanan. Oleh sebab itu, pengusaha dengan kekayaan 26,6 miliar USD pada 2015 itu menyarankan agar kita memilih makanan yang murah. “Untuk sarapan kamu cuma perlu susu dan telur. Makan siang bisa kamu isi dengan menu sederhana dan buah.” Putra pasangan Li Yun-jing dan Zhuang Bi-qin ini juga menyarankan agar kita memiliki kebiasaan memasak sendiri untuk makan malam. “Menunya cukup dua jenis sayur dan segelas susu sebelum tidur. Selama badanmu masih muda, kamu tidak akan bermasalah dengan pola makan seperti ini.”
  2. Biaya Sosial
    Memperluas pergaulan itu sangat penting, kalau kita ingin sukses. Seperti yang telah dilakukannya di masa lalu, Li Ka-Shing tak menyepelekan relasi sehingga mampu melebarkan sayap bisnisnya. Pergaulan yang luas, menurutnya, akan membuat kita menjadi pribadi yang berkembang. Membangun relasi bisa dimulai dengan cara-cara yang sederhana mulai dari menelepon hingga mentraktir makan. Namun, semua ini harus dilakukan dengan teman atau kenalan yang lebih dalam semangat, lebih kaya dan punya pengaruh dalam perkembangan karirmu. “Dalam setahun, kamu akan punya banyak teman dan dikenal sebagai orang yang baik dan pemurah.”
  3. Biaya Belajar
    Li Ka-Shing tahu betul pentingnya biaya belajar. Pada usia 12 tahun ia harus berhenti sekolah karena tidak ada biaya. Ia pun bekerja banting tulang pada usia 15 tahun, setelah ayahnya Li Yun-jing meninggal dunia karena penyakit TBC. Dalam kondisi ekonomi keluarga seperti ini ia tidak bisa sekolah. Untungnya, ia termasuk remaja yang suka membaca. Tak mengherankan ia pun menyarankan begini, “Karena kamu belum punya banyak uang, kamu harus fokus ke belajar. Sisihkan uang untuk beli buku setiap bulan. Resapi dan pelajari apa yang diajarkan di buku itu. Setelah selesai membaca, tuliskan lagi isi bukunya sesuai dengan pemahamanmu. Jangan ragu-ragu juga untuk mengikuti pelatihan yang bisa meningkatkan kemampuanmu.”
  4. Biaya Wisata
    Liburan tidak harus selalu identik dengan perjalanan jauh dan biaya yang mahal. Pada dasarnya liburan itu sendiri bisa difokuskan pada serangkaian kegiatan menyenangkan dan berbeda dari rutinitas yang dijalani sehari-hari. Selain bisa memelihara kebugaran jasmani dan rohani, liburan itu bermanfaat untuk mengisi ulang energi agar makin bersemangat dalam kerja. Li Ka Shing menyarankan agar kita pergi berwisata minimal sekali setahun. “Tinggal saja di hotel yang murah agar menghemat biaya. Gunakan kesempatan ini untuk mengisi ulang energimu agar kamu tetap bersemangat dalam bekerja.”
  5. Biaya Investasi
    Li Ka Shing menyarankan kita agar mulai menyisihkan penghasilan untuk investasi. Investasi adalah cara paling jitu untuk mengelola penghasilan agar tidak habis hanya untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif. Investasi saham dan reksa dana yang saat ini sudah sangat mudah dan terjangkau dari sisi modal bisa menjadi pilihan.

SIMAK JUGA: Jasa Penulisan Artikel Pasar Modal Terpercaya




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*