Penasehat Investasi Saham

Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia
Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (EduFulus/Ist)

The Path To Financial Freedom – EduFulus.com – Jumlah investor saham di Indonesia terus meningkat. Jumlah investor berdasarkan single investor identification (SID) mengalami peningkatan signifikan yakni 151% dari 364.465 menjadi 915.675 investor per Desember 2014 sampai 22 Maret 2019.

Sementara itu, SID reksa dana meningkat 239% dari 320.063 menjadi 1.085.670 per Desember 2014 sampai Februari 2019 dan SID SBN meningkat 102% dari 105.690 menjadi 214.301 per Desember 2016 sampai Februari 2019. So, total investor per 22 Maret 2019 mencapai 1,7 juta.

Seiring dengan pertumbuhan ini, tentunya jumlah investor amatir (newbie) di Indonesia meningkat. Keberanian mereka terjun ke dunia pasar modal sebagai investor pemula ini memang patut diacungi jempol. Namun tekad saja tidak cukup, karena strategi dan ilmu itu sangat dibutuhkan dalam investasi saham. Oleh sebab itu, mereka perlu terus belajar dan menggembleng diri untuk menjadi pemenang.

Nah, bila merasa masih amatir (newbie) dalam dunia investasi saham maka terus belajar dan memanfaatkan penasehat investasi memang tidak ada salahnya, karena jika alasan berinvestasi adalah untuk memperoleh uang (cuan) maka meminta nasihat pihak lain menjadi sebuah keniscayaan. Meminta nasihat pihak lain artinya meminta yang bersangkutan (penasehat) untuk memberi tahu bagaimana cara memperoleh cuan.

Tak melulu dari yang sudah mahir dan sangat profesional dengan bayaran mahal, saat ini nasihat investasi yang akan memaksimalkan cuan bisa diperoleh dari berbagai sumber mulai dari kerabat atau teman yang punya pengetahuan tentang investasi, penasehat keuangan hingga analis perusahaan jasa keuangan.

Namun bagi pebisnis atau non-bisnis yang benar-benar bergantung pada orang lain dalam menciptakan keuntungan investasi saham, kehadiran penasehat investasi yang profesional sangat dibutuhkan karena sebenarnya ia sedang mengharapkan jenis hasil yang tidak hanya rata-rata. Penasehat bisa memantau pasar, tatkala investor sudah terlalu sibuk.

Bagaimana pun, kehadiran penasehat memang sentral dalam memberikan advisory strategis kepada investor secara profesional. Penasehat menggunakan ketrampilan dan pengalamannnya untuk melindungi klien dari kesalahan dan memastikan investor menangguk hasil yang sepantasnya.

Semisal investor meminta hasil di atas rata-rata, penasehat yang baik tentunya berusaha memberikan hasil yang lebih baik. Peran penasehat investasi memang sangat krusial untuk membantu memetakan portofolio investasi, memilih instrumen investasi sampai memberikan masukan akan prospek di masa mendatang.

Untuk konteks investasi saham secara umum, sedap kiranya bila investor newbie memilih sekuritas yang menyediakan penasehat investasi dalam wujud hasil riset dan rekomendasi-rekomendasinya yang mumpuni dari para analis yang kompeten agar cuannya maksimal. Apalagi, hasil riset itu dibagikan gratis. Sudahkah Anda memiliki sekuritas dengan penasehat andal dengan hasil risetnya yang mumpuni? (GWK)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*