10 Tips Memilih Sekuritas Masa Kini yang Terbaik

Bingung Memilih Sekuritas Terbaik
Bingung Memilih Sekuritas Terbaik (KalderaNews/Ist)

The Path To Financial Freedom – EduFulus.com – Langkah pertama yang harus dilakukan saat ingin menikmati investasi saham yaitu membuka Rekening Dana Nasabah (RDN) atau Rekening Dana Investor (RDI). Uniknya, membuka rekening efek hanya bisa dilakukan melalui perusahaan efek atau sebutan lainnya broker atau sekuritas.

Lantas apa itu perusahaan sekuritas? Kata sekuritas sebenarnya diambil dari bahasa Inggris yaitu security (jamak: Securities) yang arti kasarnya berarti ‘keamanan’. Tapi bukan itu maksud yang sebenarnya arti sekuritas. Sekuritas bukan pula dalam arti satpam atau sekuriti. Hal ini perlu dipertegas karena tidak jarang yang dengar jawaban sekuritas, ada yang beranggapan itu sekuriti atau satpam.

Sebenarnya, istilah security dalam dunia keuangan berasal dari beberapa abad yang lalu yang artinya adalah jaminan (untuk menjamin/mensecure), yaitu ketika seseorang memiliki utang maka yang bersangkutan akan menjaminkan propertinya yang juga dinamakan security dalam proses ini. Lama-kelamaaan istilah ini berkembang untuk setiap dokumen jaminan atau pernyataan hutang, dan akhirnya diadopsi luas sebagai istilah untuk surat berharga.

SIMAK JUGA: Inflasi “Pencuri” Uang Kita di Tabungan

So, sekuritas berarti surat hutang yang dapat dengan mudah dan cepat dijadikan uang atau kas atau diuangkan. Dengan demikian, perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang transaksi sekuritas atau surat berharga, dalam hal ini sebagai perantara antara nasabah dan pasar modal.

Sementara itu, istilah efek dalam konteks pasar modal tidaklah berasal dari bahasa Inggris, akan tetapi dari bahasa Belanda, yaitu effecten, yang artinya adalah surat berharga keuangan. Seperti dikutip dari Wikipedia Belanda: “Effecten (het woord wordt praktisch altijd in het meervoud gebruikt) zijn verhandelbare rechten die een financiële waarde vertegenwoordigen, zoals aandelen, obligaties, opties en termijncontracten”.

Tugas utama sekuritas atau perusahaan efek menjadi perantara atau pialang antara investor dan pusat pasar modal dalam bertransaksi, baik itu di pasar saham, obligasi, sukuk, SUN, reksa dana dan lainnya.

SIMAK JUGA: Penasehat Investasi Saham

Seiring dengan perkembangan zaman dan kesadaran investasi saham di Indonesia, pertumbuhan sekuritas di Indonesia juga cukup subur. Perusahaan sekuritas di Indonesia kini telah mencapai lebih dari seratus, mulai dari yang berplat merah (pemerintah/BUMN), swasta nasional, dan asing.

Jumlah yang cukup banyak ini memberikan alternatif pilihan, tetapi pada saat yang sama bisa membuat bingung masyarakat. Oleh sebab itu, selain hal mendasar dalam pemilihan sekuritas yakni memilih sekuritas yang dapat dipercaya karena memiliki izin yang legal (Lihat daftar perusahaan sekuritas di BEI di website resmi IDX yang sudah memiliki izin resmi untuk beroperasi), ada hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan, yakni:

  1. Tercatat sebagai Anggota Bursa
    Sudah sepantasnya sebuah perusahaan yang berprofesi sebagai broker atau pialang saham memiliki sertifikat perantara pedagang efek dan tercatat oleh Bursa Efek Indonesia sebagai anggota bursa. Selain itu, alamat perusahaan pun harus jelas. Ini harus dicek kebenarannya.
  2. Trusted platform
    Platform yang terpercaya biasanya diperkaya dengan fitur-fitur yang lengkap. Fitur-fitur dibuat untuk memudahkan investor saham mendulang cuan saham maksimal. Menarik kiranya tatkala fitur-fitur lengkap yang ada di platform investasi saham tersebut gratis, meski hanya sekuritas tertentu yang memberikannya secara cuma-cuma. Memilih sekuritas dengan trusted platform memudahkan investor mendulang cuan.
  3. User-friendly platform
    Platform investasi saham yang mudah dalam penggunaannya alias nggak ribet menjadi dambaan setiap investor. Apalagi, platform investasi sahamnya bisa dinikmati dengan berbagai gadget. Oleh sebab itu, pilihlah sekuritas yang menawarkan platform investasi saham yang nggak ribet alias user-friendly. Untuk itu, membaca review dan komen masyarakat di internet juga penting.
  4. Pilih sekuritas dengan setoran terjangkau
    Saat membuka rekening efek saham di sekuritas, investor biasanya diminta menyetorkan dana. Adapun jumlah dananya bervariasi, ada yang minimal 5 juta rupiah, 10 juta rupiah, hingga 50 juta rupiah. Namun, sekuritas yang tidak membebani investor dengan setoran minimal yang gede alias bisa dengan dana terjangkau (affordable deposit) juga ada. Sejumlah sekuritas memungkinkan masyarakat membuka rekening efek dengan dana terjangkau. Dengan danna Rp.100.000,- saja masyarakat kini sudah bisa menjadi investor saham. Sejumlah sekuritas memandang bahwa nabung saham itu sejatinya tidak mengenal setoran minimum. Semuanya tergantung dari nilai saham yang ingin dibeli. Coba pikir, kalau harga saham per lembarnya saja di kisaran Rp 100, tentu hanya dibutuhkan dana Rp 10 ribu untuk bisa nabung saham. Nabung saham dengan dana Rp. 10.000 tentu sangat terjangkau dan tak sulit bagi kebanyakan kita.
  5. Pilih sekuritas dengan analis andal dan mumpuni
    Riset dari analis yang bagus tentunya bakal jadi penentu keberhasilan investor berinvestasi saham. Kalau perusahaan sekuritas itu punya analis andal dan mumpuni sudah pasti perusahaan tersebut tidak perlu diragukan lagi. Informasi dan rekomendasi saham harian yang diberikan dapat berguna apabila tidak bisa atau tidak sempat elakukan analisis saham sendiri. Broker yang baik akan memberi rekomendasi saham yang bertanggung jawab, tidak sekedar rumor lewat, dan teredukasi. Broker yang baik pun memberi informasi tentang risiko serta dapat berkomunikasi dengan baik dengan para nasabahnya.
  6. Perhatikan komisi transaksi broker
    Komisi transaksi broker adalah biaya yang dibayarkan oleh investor tiap kali terjadi transaksi baik beli maupun jual. Pada umumnya komisi jual lebih besar 0,1% dibandingkan dengan komisi beli. Rata-rata komisi beli untuk pembelian saham berkisar antara 0,1% hingga 0,3%. Sedangkan untuk komisi jual berkisar di antara 0,2% hingga 0,4%. Tentunya investor mencari komisi serendah mungkin, namun perlu diperhatikan, ada kalanya broker dengan komisi rendah, juga memiliki batas minimal komisi per hari, hal ini dapat berpengaruh strategi harian Anda. Untuk mendapatkan komisi yang rendah, biasanya investor dapat bernegosiasi dengan broker. Jika dana cukup besar, investor bisa mendapatkan komisi yang rendah. Selain itu, dengan berinvestasi menggunakan sistem online trading, komisi transaksi biasanya relatif rendah.
  7. Memiliki fasilitas margin
    Adanya fasilitas margin dapat mengoptimalkan strategi trading Anda. Carilah sekuritas yang memberi bunga margin yang rendah, dengan limit trading yang besar. Dengan adanya trading limit yang besar, dapat mengoptimalkan Anda mengeruk profit yang besar
  8. Pilih sekuritas yang tahu kebutuhan akan sosialisasi, edukasi, seminar, dan training intensif gratis
    Investasi saham itu butuh pendalaman secara berkesinambungan agar keuntungan investasi juga terus berkembang. Oleh sebab itu, memilih sekuritas yang memberikan sosialisasi, edukasi, seminar, dan training intensif gratis sangat diperlukan. Menarik kiranya kalau sosialisasi, edukasi, seminar, dan training intensif diberikan dengan cuma-cuma bagi siapa pun yang membutuhkan.
  9. Pilih sekuritas dengan pelayanan CS dan staf yang ramah dan solutif
    Layanan CS dan staf dari sekuritas yang ramah dan solutif tentu sangat bermanfaat tatkala investor menghadapi kendala atau gangguan terkait investasi sahamnya. Pelayanan ramah dan solutif di PT Indo Premier Sekuritas tak perlu diragukan lagi.
  10. Pilih sekuritas dengan channel medsos yang lengkap dan tanggap
    Keberadaan saluran medsos milik sekuritas tentu bukan hanya sekadar untuk gaya-gayaan, tetapi untuk memudahkan investor untuk mendapatkan jawaban untuk setiap permasalahan yang dihadapi terkait investasi saham. Channel medsos menjadi sarana mencari jawaban atas semua permasalahan terkait investasi saham dengan cepat dan solutif. (GWK)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*