Apa Itu Reksa Dana?

Reksa Dana atau Mutual Fund
Ilustrasi Reksa Dana

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Akhir-akhir ini mungkin kamu mendengar istilah reksa dana terkait dalam dunia investasi. Wajar kalau masih merasa asing dengan istilah ini. Maklum saja, dengan dengan jumlah penduduk mencapai 269 juta jiwa atau 3,49% dari total populasi dunia, jumlah investor reksa dana aktif diperkirakan baru di atas 1 jutaan. Bisa jadi kamu termasuk dari ratusan juta orang yang belum kenal reksa dana.

Reksa dana memang belum banyak dinikmati masyarakat Indonesia. Padahal, reksa dana adalah alternatif investasi yang menggiurkan setelah deposito karena memberikan return (imbal hasil) jauh di atas bunga deposito.

Tentunya menarik karena reksa dana ini aman, salah satunya karena di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK secara ketat sudah mengatur jenis perusahaan seperti apa saja yang dapat melakukan kegiatan penghimpunan dana, antara lain seperti bank, asuransi, dana pensiun, pegadaian, multifinance, dan pasar modal.

Makin penasaran dengan apa yang dimaksud dengan reksa dana atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan mutual fund?

Reksa dana berasal dari dua gabungan kata reksa dan dana. Reksa artinya memelihara, sedangkan dana artinya duit atau uang. Jadi, reksa dana itu uang yang dipelihara bersama untuk kepentingan yang sama.

Undang-Undang Pasar Modal No 8 Tahun 1995 mendefinisikan reksa dana sebagai wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan kembali ke dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi (MI).

Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh Manajer Investasi (fund manager), ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Atau dalam rumusan yang serupa, “A mutual fund is a type of financial vehicle made up of a pool of money collected from many investors to invest in securities such as stocks, bonds, money market instruments, and other assets“. Penasaran lagi dengan cara investasi reksa dana? (GWK)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*