Dear Milenial, Kurangi Kopimu, Nikmati Investasi

Investor milenial
Investor milenial (EduFulus/Ist)

The Path To Financial Freedom, EduFulus.com – Kopi dan investasi adalah dua kata yang banyak dimunculkan di kalangan generasi milenial yang lahir pada rentang tahun 1980-2000 di masa sebelum pandemi Covid-19. Bedanya, kopi lebih digandrungi dan investasi masih dijauhi.

Survei dengan judul “Money Matters” menemukan bahwa hampir setengah generasi milenial menghabiskan uangnya untuk membeli kopi, bukannya investasi. Ini tentu bukan kabar baik bagi generasi yang mengaku mandiri tersebut.

Menunda investasi dan lebih memilih mengonsumsi kopi jelas mengancam kemapanan finansial di masa depan. Padahal investasi itu kini makin mudah karena sudah seharga secangkir kopi dan kehadiran bisa dinikmati dengan gadget dan smartphone di genggaman tangan. Semua tinggal pencet dalam hitungan detik.

SIMAK JUGA: 4 Tip Tingkatkan Kepercayaan Diri dalam Investasi Saham bagi Perempuan

So, karena menunda investasi hanya akan merugikan diri sendiri, ada baiknya kini kamu tidak boros dan mulai investasi, bukannya ngopi melulu. Berikut ini tip buat kamu yang ingin berinvestasi:

1). Tentukan target dan tujuan

Hidup tanpa tujuan itu hambar, apalagi kalau hanya sekadar ngopi-ngopi melulu. Karena tujuan investasi itu tidak untuk menghambur-hamburkan uang maka menentukan target dan tujuan investasi menjadi penting. Mimpi kita di masa depan hanya bisa digapai dengan planning investasi yang cermat dan matang.

2). Temukan alternatif tabungan

Tabungan konvensional itu kini kurang menarik dari sisi bunga dan biaya administrasinya. Sementara bunga tabungan sudah kecil, nilai uang kamu di tabungan juga akan tergerus oleh inflasi. Kalau sudah seperti ini carilah alternatif lain yang bisa memberikan imbal hasil tinggi di atas inflasi.

SIMAK JUGA: Investasi Saham untuk Orang yang Ngaku Paling Super Sibuk, Why Not, Gampang Tuh Ngakalinnya!

3). Sisihkan untuk investasi

Banyak dari kita berpikir kalau investasi itu butuh modal gede. Nyatanya, investasi seperti reksa dana dan saham itu kini makin mudah dengan setoran awal kecil sebesar 100.000 rupiah saja. Karena tergolong kecil, kunci sukses investasi adalah disiplin menyisihkan uang dan kurangi waktu ngopi.

4). Rajin gali informasi tentang investasi

Beragam investasi kini banyak bermunculan. Perkembangan teknologi makin memudahkan kita mendapatkan banyak informasi tentang investasi. Informasi tentang investasi gampang kita gali dan dapatkan melalui smartphone kita. Kuncinya, temukan investasi yang kredibel dan bukan karena ikut-ikutan influencer atau publik figur.

5). Pilihlah jenis investasi yang paling cocok

Pilihlah satu atau beberapa investasi yang cocok buatmu mulai dari deposito, logam mulia (emas), properti, bisnis, barang koleksi, reksa dana, obligasi dan saham. Pilihkan jenis investasi yang paling cocok dengan kondisi keuanganmu. Apabila berani mengambil risiko tinggi, kamu bisa mencoba reksad ana ataupun saham. Sementara itu, kalau kamu ingin yang aman-aman saja maka investasi emas boleh dikata cukup aman.

SIMAK JUGA: Kelemahan dan Kekurangan Aplikasi BIONS Milik PT BNI Sekuritas




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*