Kuy, Kenalan dengan DIRE

Kode saham DIRE (Dana Investasi Real Estate) atau REIT (Real Estate Investment Trust)
Kode saham DIRE (Dana Investasi Real Estate) atau REIT (Real Estate Investment Trust) (EduFulus/GWK)

The Path To Financial Freedom – EduFulus.com – Di pasar modal ada produk investasi yang dikenal dengan DIRE. Apa itu DIRE? DIRE (Dana Investasi Real Estate) atau REIT (Real Estate Investment Trust) adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan pada aset real estate (properti).

Dari definisi ini jelas terlihat bahwa aset dasar (underlying asset) DIRE adalah properti yang disewakan. Yang masuk kategori properti dalam hal ini adalag gedung perkantoran, gedung pertokoan/mall/pusat perbelanjaan, gudang, cold storage, rumah sakit, apartemen sewa, hotel/resor/villa, papan reklame/videotron, data center, gedung parkir hingga Sentra PKL/hawker center.

Selain aset fisik yang telah disebutkan, dalam POJK no. 16 tahun 2016, sebuah DIRE diperbolehkan untuk menginvestasi aset berkaitan real estate, seperti saham, obligasi dan cessie piutang terkait aset real estate dengan syarat aset fisik real estate paling kurang 50% dari total aset DIRE. Adapula aset yang dilarang untuk dimasukkan dalam DIRE, yakni bangunan pada tahap konstruksi dan tanah kosong.

SIMAK JUGA: Waran: Produk Pemanis di Pasar Modal

Karena DIRE ini berupa Kontrak Investasi Kolektif (KIK), kasarnya DIRE ini mengumpulkan modal dari berbagai investor untuk diinvestasikan di sektor properti. Oleh sebab itu, DIRE ini menjadi pilihan bagi investor untuk berinvestasi di bidang real estate tanpa harus memiliki aset real estate secara langsung.

Keuntungan investasi DIRE yakni pendapatan aktif dari sewa, pendapatan pasif dari kenaikan harga real estate yang dimilikinya. Tentunya, setelah investor menempatkan dana dalam KIK-DIRE maka akan mendapatkan potongan dari keuntungan dalam bentuk dividen.

Ciptadana Asset Management adalah pionir dalam penerbitan produk Dana Investasi Real Estat Kontrak Investasi Kolektif (DIRE-KIK) dengan 2 produknya yakni, DIRE Ciptadana Properti Ritel Indonesia yang diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia dengan kode efek XCID.

Selanjutnya, DIRE Ciptadana Properti Perhotelan Padjajaran yang diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia dengan kode efek XCIS.

SIMAK JUGA: Seluk Beluk Prinsip Islam di Pasar Modal Syariah

Dalam perjalanan waktu, muncul DIRE Simas Plaza Indonesia yang dikeluarkan oleh PT Sinarmas Asset Management. Underlying aset DIRE tersebut yakni 95,37% saham PT Plaza Indonesia Realty Tbk (PLIN) dan 100% saham PT Sarana Mitra Investama, yang memiliki saham di PT Plaza Lifestyle Prima, pengelola mall FX Sudirman. DIRE Simas Plaza Indonesia diperjualbelikan di BEI dengan kode XSPI.

Karena underlying assetnya berupa properti yang disewakan maka risiko yang kemungkinan terjadi adalah penyewa properti yang gagal bayar dan turunnya nilai properti.

Selain itu, risiko lainnya adalah likuiditas karena seperti kita ketahui agak susah menjual properti dalam jangka pendek. Lalu bagaimana cara berinvestasi DIRE? Sangat mudah karena seperti halnya investasi saham.

SIMAK JUGA: Mengenal 4 Jenis Reksa Dana untuk Pemula

Pada awalnya pengelola DIRE melakukan penawaran umum atau terbatas atas unit penyertaanya berupa saham. Saham ini dapat kemudian diperjualbelikan setelah penawaran umum DIRE, apabila investor tidak lagi ingin melanjutkan investasinya dalam sebuah DIRE. Tertarik investasi DIRE? (GWK)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*